Senin, 07 Januari 2013

Dari KSM Kerajinan Bunga Acrylic Menjadi Duta Kota


Duta Kota sangat tepat dilayangkan bagi ibu  Hasnah Putri Jaya Siregar atau lebih dikenal dengan (HPJ) merupakan  sosok ibu yang mempunyai semangat dalam mengembangkan pemberdayaan di Kabupaten Labuhanbatu, ibu dari 3(tiga) orang anak ini adalah salah satu anggota BKM Karya Mufakat kelurahan Sioldengan kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

berbekal pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya, beliau mendirikan sebuah KSM untuk membuat kerajinan tangan dari bahan plastik.

cerita unik nan mengharukan lahir di KSM ini, dimana anggota KSM semula adalah para tukang cuci rumah tangga yang hanya dapat penghasilan 200 ribu sampai 300 ribu per bulannya. akibat penghasilan yang masih jauh dibawah dari kebutuhan wajib sehari-harinya para tukang cuci ini sering mengeluh terkait dengan kondisi  kehidupannya. ditengah kondisi kehidupan yang morat-marit muncul seorang ibu yang bijak, ibu ini mengajak para ibu-ibu tukang cuci dan anak-anak dilingkungannya untuk membentuk sebuah KSM(kelompok Swadaya Masyarakat) pada program PNPM-Mandiri Perkotaan. alhasil dengan kepiawaan dan keterampilan sang ibu bijak ini Kerajinan tangan bunga acrylic tersebut menjadi primadona kerajinan di kota Labuhanbatu. Terbukti berbagai even yang baik yang diselenggarakan oleh Pemda setempat maupun oleh Pemda Provinsi selalu mendapat undangan bukan stand untuk dipamerkan .



Dari bunga acrylic ini ternyata bisa dibentuk menjadi berbagai macam bentuk bunga, Perjalanan KSM pun sudah membuat perhatian Dekranasda mula tumbuh, Melihat para tukang cuci rumah tangga itu pun mulai alih profesi dan menjadikan kegiatan kerajinan ini sebagai pekerja rumahan bagi mereka bahkan anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah SD ikut nimbrung dalam membuat bunga acrylic itu. penghasilan mereka pun menjadi bervariasi mulai dari 500 ribuan sampai dengan 1,5 juta perbulannya. bisa dibandingkan dengan penghasilan mereka sebelumnya yang hanya 200 ribuan hingga 300 ribuan perbulannya, kehidupan mereka sekarang lebih layak dari sebelumnya.




bila berminat silakan hubungi :
BKM karya mufakat 
 kelurahan sioldengan
contact person
081263837597
a/n hasnah putri jaya siregar.


by : laskar p2kp labuhanbatu

0 komentar:

Posting Komentar