Kamis, 25 Juli 2013

Semangat Dukungan Pemkot Sibolga Tulari Stakeholder Lain

Sibolga, 22 Juli 2013


Oleh:
Herbin Sitohang Asisten Mandiri Kota Sibolga
OC 1 Provinsi Sumatera Utara    
PNPM Mandiri Perkotaan
Besarnya antusiasme Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga dalam pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan ternyata juga “menulari”stakeholder lainnya. Dalam hal ini adalah Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Sibolga, yang turut aktif mendukung kegiatan penanggulangan kemiskinan melalui PNPM Mandiri Perkotaan ini di Kota Sibolga.
Beberapa waktu lalu, Ketua TP PKK Kota Sibolga Delmeria Harun Sikumbang, yang juga merupakan istri dari Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk, menunjukkan dukungan dari pihaknya dengan memberikan santunan bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada 134 jompo  dan 31 anak yatim piatu. Selain itu, diberikan pula bantuan berupa peralatan sekolah bagi tiga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yakni PAUD Cahaya Bunda, PAUD Assalam dan PAUD Annaza.
Semua bantuan senilai total Rp30 juta itu berasal dari dana sharing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dana disalurkan melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Dewa Sakti dampingan PNPM Mandiri Perkotaan Kelurahan Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas. BKM dengan masyarakat dan pihak kelurahan sepakat bahwa dana bantuan itu diperuntukkan khusus untuk kegiatan sosial.
Istri Wali Kota Sibolga menyerahkan tali asih kepada peserta didik PAUD, disaksikan Koordinator BKM Pancuran Dewa, Ccamat Sibolga Sambas, tokoh masyarakat, dan para kader Penggerak PKK Kota Sibolga.
“Bagi yang belum dapat, jangan kecewa. Kegiatan berikutnya akan lebih ditingkatkan pendanaannya melalui PNPM Mandiri Perkotaan,” ujar Delmeria Harun Sikumbang. Pada kesempatan itu, ia juga memberikan dana secara spontan kepada seluruh penerima manfaat sebesar Rp50.000 per orang.
Pada kesempatan itu, Delmeria mengungkapkan harapan, yakni peran serta seluruh masyarakat agar lebih peduli dan peka melihat lingkungan dan sekelilingnya. “Dalam kehidupan sehari-harinya, masyarakat diharapkan bisa membantu saudaranya yang kurang beruntung. Membantunya baik secara ekonomi, sosial maupun pendidikan. Jadikan PNPM Mandiri Perkotaan ini sebagai sarana menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup sosial, ekonomi maupun keterampilan,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Asisten Koordinator PNPM Mandiri Perkotaan Kota Sibolga Herbin Sitohang menyatakan, bantuan merupakan kepedulian Pemkot Sibolga dalam menindaklanjuti kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan Kota Sibolga. Khususnya di Kelurahan Pancuran Dewa, yang secara data angka kemiskinan masuk ke dalam kategori cukup tinggi—menurut data BPLS tahun 2012 –yaitu sejumlah 335 Kepala Keluarga (KK).
Senada dengan Delmeria, Herbin berharap bantuan bisa bermanfaat bagi warga. “Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu amanah dari Pemerintah Pusat dalam hal penanggulangan kemiskinan, yang diwujudkan melalui dana sharing APBD Kota Sibolga tahun 2013. Dan, ini direalisasikan triwulan 1 pada APBD Kota Sibolga, dan ini menjadi prestasi bagi Pemkot Sibolga. Karena baru Pemkot Sibolga lah yang rampung merealisasikan pendanaan sharing PNPM Mandiri Perkotaan 2013, dari seluruh 14 kabupaten/kota di Sumatera Utara yang mendapat bantuan Program PNPM Mandiri Perkotaan,” ia menjelaskan.
Sambutan dari Koordinator BKM Dewa Sakti, didampingi Camat Sibolga Sambas, Kepala Satker PIP PNPM Mandiri Perkotaan Kota Sibolga, Lurah Pancuran Dewa, Asisten Mandiri Kota Sibolga, dan PPK PIP Kota Sibolga.
Menanggapi itu, Koordinator BKM Dewa Sakti, Kelurahan Pancuran Dewa Irwansyah Batubara mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Kota Sibolga, sekaligus istri Wali Kota Sibolga.
Hadir dalam kegiatan ini, antara lain, Camat Sibolga Sambas Faisal Lubis—selaku Penanggung Jawab Operasional Kegiatan (PJOK) Kecamatan Sibolga, Sambas. Tampak pula Kepala Satker PIP PNPM Mandiri Perkotaan Kota Sibolga, yang juga merupakan kerabat PMK Kota Sibolga Abdul Thoib Siregar, PPK Kota Sibolga Gusnaidi, dari perangkat Kelurahan Pancuran Dewa, tokoh agama, tokoh pemuda,TP PKK kelurahan pancuran dewa dan juga tokoh masyarakat.
Begitu berartinya pelaksanaan kegiatan Bantuan PNPM Mandiri Perkotaan dikelurahan Pancuran Dewa ini dapat dilihat dari banyaknya spontanitas masyarakat memberikan sumbangan pendanaan. Itu semua diwujudkan kepada anak anak penerima bantuan peralatan PAUD.
Dengan terealisasinya kegiatan ini diharapkan memberikan arti yang positif dan manfaat bagi masyarakat, sebagai salah satu perhatian yang  diberikan pemerintah, khususnya pemerintah kota Sibolga dalam hal penanggulangan kemiskinan. Sekaligus merupakan wujud dari visi - misi pemerintah Kota Sibolga, bahwa rakyat sibolga yang sehat,cerdas,sejahtera dan beradab dapat teruwujud. Horas!  Horas! Horas! Luar biasa, Sibolga. [Sumut]
Dokumentasi pelaksanaan bantuan sosial dana sharing APBD Kota Sibolga, tahun anggaran 2013 - PNPM Mandiri Perkotaan kepada BKM Dewa Sakti, Kelurahan Pancuran Dewa:
Sambutan Kepala Satker PIP PNPM Mandiri Perkotaan Kota Sibolga (kiri). Arahan dari Ketua TP PKK Kota Sibolga
Dalmeria Sikumbang pada penyerahan bantuan sosial PNPM Mandiri Perkotaan Kelurahan Pancuran Dewa
Suasana meriah peserta didik PAUD menarikan tari daerah, membuat masyarakat spontan memberi saweran kepada
mereka (kiri). Penyerahan bantuan sosial kepada kaum lanjut usia berupa sembako diserahkan oleh TP PKK Kota Sibolga 
Penyerahan bantuan sosial kepada anak yatim berupa
sembako dan tali asih yang diberikan oleh Ketua
TP PKK dan PJOK Kecamatan Sibolga Sambas
Penyerahan peralatan permainan untuk PAUD kepada
perwakilan pengurus PAUD oleh tokoh masyarakat
Kelurahan Pancuran Dewa
Spontanitas Camat Sibolga Sambas yang ikut memberi
saweran kepada anak peserta PAUD yang menari Tor-Tor.
Seluruh panitia pelaksana kegiatan (KSM) dan pihak terkait
berfoto bersama dengan Ketua TP PKK Kota Sibolga

0 komentar:

Posting Komentar