Rabu, 29 Mei 2013

Lokakarya PNPM Mandiri Perkotaan Labuhanbatu


Dana PNPM-MP Akan Dialihkan ke Pemkab/Pemko

Rantau Prapat-andalas Terdapat wacana Pemerintah Pusat  pada Tahun 2014  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) akan ditanggung dan dialihkelolakan kepada kabupaten/ kota daerah setempat.
Andi Fauzan Lubis, Asisten Kota (Askot) Community Development (CD) PNPM Mandiri Perkotaan Labuhan Batu dan Konsultan Wilayah I Susanti, beserta jajaranya Kordinator kota (Korkot) Tanjung Balai-Labuhan Batu Kurniawan Effendy, mengungkapkan hal itu, Kamis (23/5).
Dikatakan, adanya persoalan itu akan pasti menjadi dinamika bagi setiap pemerintah kabupaten/ kota.
“Karena persoalan yang akan dihadapi ke depan akan ada dinamika bagi Pemkab/ Pemko, diharapkan akan ada solusi terbaru dari Pemerintah Pusat,”katanya.
Dijelaskan Andi, pada tahun depan dana PNPM-MP bersumber dari APBN Pusat akan distop dan pengelolaan pendanaanya akan sepenuhnya didanai pemerintah kabupaten/ kota. Kendati begitu, pemerintah pusat saat ini masih menggodok peraturan dan petunjuk teknis berupa road map terkait hal tersebut.
Padahal sebelumnya, pemerintah daerah hanya memberikan cost sharing dana sebesar 10 persen dari seluruh pagu anggaran. Sehingga massa depan program yang telah berlangsung lima tahun di daerah ini saat ini berada di pundak pemerintah daerah.
Saat ini, kata Andi, pihaknya dan Pemkab Labuhan Batu tengah berkoordinasi dan menjajaki kemungkinan adanya kebijakan tersebut.
Namun, karena kemampuan Pemkab Labuhan Batu minim dalam mendanai program tersebut, mereka akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten untuk menorobos lembaga donor, baik lembaga di bawah PBB serta pihak sewasta dari dana CSR.(ONE)

0 komentar:

Posting Komentar